PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM
DUNIA HIBURAN
- A. Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi
TIK atau teknologi informasi dan komunikasi pada era ini
berkembang sangat pesat, dimulai dengan ditemukannya system computer hingga
komunikasi dunia maya yang bisa dinikmati melalui telepon selular dengan akses
GPRS.
Namun banyak orang yang masih awam tentang Teknologi Informasi dan
komunikasi tersebut. Hal tersebut terukur dari kurang optimalnya penggunaan
teknologi diatas dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya masyarakat Indonesia
pada umumnya yang masih menggunakan telepon selular hanya sebatas komunikasi
antar personal, padahal telepon selular yang mereka gunakan telah cukup memadai
untuk digunakan sebagai alat komunikasi dengan dunia luar menggunakan internet
ataupun GPRS.
Lalu, apa itu sebenarnya teknologi Informasi dan Komunikasi? Dan
bagaimana perkembangannya? Serta apa yang menjadi manfaat utama dari teknologi
informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang hiburan? Pertanyaan-pertanyaan
tersebut akan dibahas dalam artikel ini.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua yang teknologi
berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan,
penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan
Teknologi, 2006: 6)
Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk
mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
- B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Bidang Hiburan
Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil di era globalisasi ini
dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang
begitu pesat, selama kita menggunakan dan memafaatkan perkembangan ini dengan
hal-hal yang positif. Akan lain ceritanya, apabila kita menggunakan
perkembangan ini dengan sisi negatif. Salah satu perkembangan TIK yang
sangat pesat adalah pemanfaatan media internet yang diaplikasikan pada
dunia hiburan. Adapun penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia
hiburan salah satunya adalah sebagai berikut:
- Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
- Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun maupun yang memerlukan efek-efek khusus.
- Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program-program yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek-efek tersebut
- Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
- Saat ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan.
- Bidang rekaman, Dengan menggunakan komputer kita akan menghasilkan hasil rekaman yang lebih baik. Kita juga dapat mengatur dan mengeditnya. Kita juga dapat mengatur suara yang kita inginkan dengan menggunakan komputer.
- C. Kendala – kendala Penerapan TIK di Dunia Hiburan
Kajian mengenai kendala Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
di dalam kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan
masyarakat berupa peningkatan efisiensi serta produktivitas sudah banyak
disajikan di berbagai pola. Pada umumnya studi tentang kendala TIK di dalam
organisasi difokuskan pada persoalan teknis seperti bagaimana memperbaiki
kinerja operasional, atau bagaimana TIK digunakan sebagai bagian dari strategi
bisnis perusahaan, media penyampaian informasi secara aktual, serta penerapan
pada dunia hiburan.
Kajian yang lebih luas seperti misalnya bagaimana dampak sosial
dari perkembangan TIK yang sedemikian hebat selama dua dekade terakhir ini
relatif masih sedikit dilakukan. Dalam lingkungan sosial yang selalu berubah,
terdapat setidaknya dua faktor yang memperngaruhi perubahan sosial itu sendiri:
pelaku perubahan dan mereka yang terkena dampak perubahan.
Dalam kaitan ini TIK dapat berperan dalam dua posisi sekaligus,
sebagai aktor (means) pengubah dan sekaligus sebagai sasaran (ends) dari
perubahan yang ingin dicapai. Naskah singkat ini dimaksudkan untuk memberi
gambaran hubungan sebab akibat kendala TIK dalam konteks perubahan sosial kemasyarakatan.
- D. Internet Sebagai Sarana TIK di dunia hiburan
Teknologi internet hadir sebagai media / sarana yang multifungsi.
Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya
e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many
communication (misalnya mailing list).
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa
digunakan sebagai pendorong majunya dunia hiburan di Indonesia khususnya.
Begitu juga dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir
secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai sarana di dunia
hiburan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
- Sebagai media interpersonal dan massa
- Bersifat interaktif
- Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan masyarakat melakukan komunikasi
dengan sumber/penyedia layanan hiburan secara lebih luas bila dibandingkan
dengan hanya menggunakan media konvensional.
- E. Dampak positif dan negatif penerapan TIK di dunia hiburan
- Dampak positif
Pemanfaatan TIK dalam dunia hiburan, akan mengatasi masalah
sebagai berikut:
- Mengurangi ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.
- Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
- Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
- Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program-program yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek-efek tersebut
- Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
- Saat ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan.
- Bidang Industri Perfilman, Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyutingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
- Bidang Industri Rekaman, Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
- Rutinitas yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja begitupula di internet, Bidang ini sangat bergantung pada komputer. Dengan kemajuan TIK, kita dapat menonton siaran dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
- Dampak negatif
Sisi negatif dari perkembangan TIKadalah sebagai berikut:
- Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa Internet dan TV identik dengan
pornografi memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki Internet dan TV, pornografi pun merajalela.
- Penipuan
Penipuan dengan memanfaatkan TIK makin banyak ditemukan.
Internet pun tidak luput dari serangan para penipu. Cara yang terbaik adalah
tidak mengindahkan informasi yang diragukan kebenarannya atau mengkonfirmasi
informasi yang kamu dapatkan pada penyedia informasi tersebut misalnya pada
bidang TV, Radio, dll yang tiba-tiba mengadakan suatu kuis yang berhadiah
jutaan akibatnya khalayak ramai setidaknya akan tertarik dan akan mengikutinya
setelah dinyatakan ada pemenang akan di kenakan biaya yang telah di tetapkan
oleh para penipu.
- Tayangan Kekerasan
Tayangan kekerasan sering digunakan TV ataupun internet untuk
menghibur para masyarakat. Banyak situs-situs di internet yang sengaja
menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Tv pun tidak ingin kalah,mereka
memanfaatkan perkembangan TIK untuk menerima siaran yang menampilkan kekerasan
dan menyiarkannya.
SUMBER : https://firstsolutio ns.wordpress.com/201 1/04/18/penerapan-te knologi-informasi-da n-komunikasi-dalam-d unia-hiburan/
izin share ya bg tq
BalasHapus